Wednesday, June 9, 2010

Jangan pikirkan apa yang kamu tulis, tapi tulislah apa yang kamu pikirkan!


“Jangan pikirkan apa yang kamu tulis, tapi tulislah apa yang kamu pikirkan”

Sebuah kata bijak yang menggugah hati dan pikiran saya. Bagaimana sebuah tulisan akan selesai jika kita selalu memikirkan tulisan kita?! Sedangkan tulisan akan tercipta dari segala hal yang kita pikirkan.

Kata-kata indah memang tidak mudah keluar dari pikiran saya, ingin sekali bisa menulis layaknya penulis-penulis yang telah mengeluarkan sejumlah buku untuk dibaca oleh orang banyak. Menulis kata demi kata yang menarik dan menggugah pikiran mereka. Tapi sungguh sulit terasa, ketika semakin lama saya berpikir harus menulis dengan bagusnya. Kepala saya akan terasa sakit, memikirkan kata-kata apa yang harus saya keluarkan.

Bagi sebagian orang, menulis bukanlah hal yang menarik. Untuk membuat sebuah tulisan saja akan terasa sulit. Menulis hanya seperti melakukan hal yang tidak berguna. Karena menulis terasa sangat berat karena bingung bagaimana mengeluarkan kata demi kata yang ingin dituliskan. Padahal dengan menulis, pikiran kita akan terbuka, terbang dengan bebasnya, dan menghilangkan rasa penat dalam kepala yang akan hanya membuat kita terbebani.



Waaa… sulitnya ketika saya menuliskan bagaimana tulisan ini akan berakhir. Genrenya apa? Isinya bagaimana? Menarikkah tulisan saya? Dan lain-lain. Membuat saya semakin sulit menuliskannya. Tetapi ketika saya berpikir bahwa menulis ini hanya untuk membuat beban pikiran saya berkurang, mengeskpresikan segala hal melalui kata-kata, dengan mudahnya semua itu akan mengalir. Saya akan menulis layaknya menulis catatan harian yang memeng benar-benar keluar dari pikiran saya, dengan spontan dan tanpa memikirkan bagus jeleknya tulisan itu,yang penting pikiran saya akan segar kembali setelah menulis.

Dulu saya kira, menulis itu sulit dan tidak menarik, menjemukan. Namun sekarang, ketika jeritan, kegelisahan, kebahagiaan menimpa diri saya. Menulis menjadi hal yang sangat penting karena selain meringankan beban pikiran dan mengasah kemampuan kita dalam berbahasa, tulisan kita akan menjadi sebuah media yang menyimpan segala kenangan yang tak akan terhapuskan.

Karena itu, yuk kita menulis! Tak perlu kita pikirkan seperti apa tulisan itu akan terbentuk, yang penting adalah ketika segala pikiran dan ide kita tertumpuk dalam benak, segera tuliskan dan biarkan ia mengalir hingga pikiran kita akan terasa bebas untuk kembali berpikir. 

Sekali lagi, hal yang sangat penting dalam menulis, “Jangan pikirkan apa yang kamu tulis, tapi tulislah apa yang kamu pikirkan”. []


Asrama, 3 Juni 2010

1 comment:

  1. Ini yg sy butuhkan, izin save neng, mba, adik, atau senior

    ReplyDelete


日本に行きましょう! [Let's go to Japan!] ^^