Friday, May 17, 2013

Penghayatan tentang Ilmu, hari ini.


Jadi memaknai secara positif, serangkaian kegiatan hari ini.
Siang ini saya begitu riweuh untuk urusan organisasi. Dan saya jadi menyadari bahwa saya merindukan suasana seperti itu, berorganisasi.

Lalu kuliah siang ini, rasanya tidak kondusif karena fokusku yang terpecah. Jadinya, teori apa yang saya pahami hari ini? Seems nothing.
Dan hal ini saya sangat sesalkan. Itu berarti, saya harus menyiapkan waktu khusus untuk memahaminya lagi, sendiri.

Lalu malam ini, setelah mendapatkan pertanyaan yang berhubungan dengan major saya, saya menjadi ter-arouse terhadap ilmu psikologi yang saya pelajari selama ini, rasanya masih sedikit, baru empat semester, dan ilmu yang benar-benar tersimpan di dalam long-term memory mungkin tidak sampai 70%.

Sebagai calon psikolog ataupun psikolog -walaupun pengennya scientist/researcher- nantinya, bekal saya saat ini rasanya sangat kurang sekali. Saat ini, untuk pertanyaan yang mudah dan -kebetulan- saya mengerti tentang teorinya, saya masih bisa menjelaskan dengan baik. Tapi nanti, jika pertanyaan lainnya semakin rumit, dan tidak diimbangi dengan bekal yang memadai, bagaimana saya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersangkutan dengan baik dan sesuai? Psikologi lho, jawabannya gak boleh sembarangan. Salah sedikit bisa fatal karena 'menusuk' langsung ke sisi psikologis seseorang.


Nahloh, coba lihat! Bagaimana usahamu saat ini? Sudahkah semaksimal yang kamu bisa?
Oh tidak tampaknya. Motivasi saya masih sering naik turun dan suka menganggap tidak penting materi yang diberikan, terutama yang bukan menjadi interest saya.

Padahal… Ilmu yang diterima ataupun diberikan kepadamu, sebenarnya untuk bekal dirimu sendiri di masa depan. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan darinya, terutama untuk kareir mu dan/atau yang lebih besarnya, untuk membuat perubahan besar pada dunia.

Lalu kenapa masih bermalas-malasan untuk mencarinya?

Masalah tentang ilmu yang dimiliki hanya akan dimanfaatkan untuk dirimu sendiri saja atau untuk dibagikan kepada orang lain, terserah padamu. Yang jelas, ilmu tersebut tidak akan sia-sia untuk dirimu sendiri. Tidak akan.

Hanya saja, rugi rasanya jika melewatkan satu perkara ini :
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"
(HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah)


Jadi.. Sudah jelas kan: carilah ilmu sebanyak-banyaknya dan sebarkan manfaatnya seluas-luasnya :)


Itsumademo Ganbarimashou! いつまでもがんばるましょう!(9^o^)9

No comments:

Post a Comment


日本に行きましょう! [Let's go to Japan!] ^^