Thursday, December 27, 2012

Jenuh belajar? Yuk dilawan!

Eitts, jenuh belajar? Tak jarang dialami oleh pelajar, dari tingkat TK sampai kuliah. Tapi tentunya, tingkat kejenuhan belajarnya pun berbeda. Dan terutama untuk pelajar SMA dan mahasiswa/wi, sudah tahu kan, dampaknya ketika jenuh itu melanda? Ya, mogok belajarpun mendemo diri besar-besaran.
"Waduh, gimana dong? Nilai saya harus bagus pas ujian. Biar saya cepet lulus.".
Hihi, yasudah, jangan mogok belajarnya, dong ^^
"Hmm, saya gak pernah jenuh belajar sih, tapi gimana kalo tiba2 jenuh?"
Haha, yasudah, usir saja jenuhnya :p

Berbagai kemungkinan pasti dapat terjadi. Roda kehidupan bergerak berputar, ke atas dan bawah. Jadi, ada saatnya kita menjadi kuat, dan ada pula saatnya kita lemah. Tapii... Bukan berarti kita jatuh, terpuruk, bruk bruk bruk hingga sulit untuk bangun, innalillahi. Nah karena itu, penyakit jenuh dalam belajar perlu ditanggulangi, perlu dilakukan antisipasi, agar ketika penyakit tersebut melanda, kita tidak akan keteteran hingga nilai menjadi merah, jelek, anjlok, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengantisipasi kejenuhan yang terjadi? Berikut saya akan membocorkan resep rahasia, agar kejenuhan dapat tetap terkendali ;)


Jika telah terjadi jenuh telah melanda, you must to SEMANGAAATT! 
Bangunkan semangatmu yang sedang tertidur, atau carilah semangatmu yang hilang entah kemana, agar tetap merasuki dirimu.

  • Semangat, bisa dicari diantara tumpukan keinginan-keinginan atau tujuan (mimpi) yang ingin dicapai, sehingga dengan mengingatnya, kita akan terpacu kembali untuk melangkah lagi menuju impian yang akan kita wujudkan. 
  • Semangat juga bisa dicari diantara beragam hal yang membuat kita senang, lakukanlah berbagai hal terlebih dahulu untuk membangkitkan kembali semangat, dan mengubah mood negatif, menjadi postif. Lakukanlah hobimu, untuk menyembuhkannya, misalnya, bermain alat musik, menulis, bertanam, nonton, hingga jalan-jalan, nulis di buku diary juga boleh, lho. It's up to you. Buatlah dirimu menjadi se-relax mungkin dan pikiranmu menjadi segar serta perasaan positif muncul. ^^
  • Semangat, juga boleh kita petik dari orang lain, mintalah semangat atau saran yang solutif dari orang lain, intinya mengobrol, sehingga dengan begitu, kita akan melupakan dan mengurangi beban negatif yang sedang kita pikul. Jadikanlah kata demi kata yang disampaikan oleh lawan bicara kita menjadi pemicu diri untuk bangkit dari kejenuhan.
Tapi bagaimana kalau orang tersebut malah merendahkan kita? Hei, jangan bersedih kawan! Jangan pedulikan kata-kata mereka yang membuatmu jatuh, kalau memang tidak terjadi pada diri kita, kau harus pikirkan dan tujukkan bahwa dirimu tidak seperti apa yang ia katakan, show the real 'good' you! <-- bukan iklan susu, haha. Nah tapi, kalau ternyata hal tersebut memang terjadi pada dirimu, maka apa yang mereka sampaikan, jadikanlah feedback atau evaluasi untuk diri sendiri, agar mengubah hal yang kurang baik, menjadi lebih baik. Kamu bisa, kamu hebat!

Minta semangat dari orang tua, sahabat atau teman juga boleh. Namun perlu diingat, bahwa hal ini jangan sampai membuat diri kita menjadi ketergantungan, jangan hanya karena tidak dapat semangat atau motivasi dari mereka, akhinya tetap tidak bersemangat. Karena kunci perubahan ada ditanganmu, dari dalam dirimu :)
Selain itu, berdoalah pada Tuhanmu, agar diberikan kembali semangat untuk belajar dan menghilangkan rasa jenuh belajar. ;)

Naaahh, ada lagi cara lainnya ketika kita jenuh belajar. Ingin jenuhnya hilang? Ini juga harus kamu lakukan, tidak pakai 'tapi'.
Cobalah untuk memaksakan dirimu membuka buku atau catatan yang ingin kamu dipelajari, bacalah poin pentingnya saja, hal tersebut akan membantu kita mengingat informasi yang telah masuk sebelumnya. Kalau lupa kan jadi ada alasan untuk mencari materi yang ingin kau dapatkan. Finally kamu akan penasaran, lalu terus-menerus membuka buku :)
Maleeess? Lawan! Mau sembuh gak? ^^

Masih belum ampuh? Cobalah temui teman-temanmu, atau ajaklah mereka untuk belajar bersama, walaupun akhirnya kamu hanya menyimak, tapi hal tersebut tidak akan sia-sia. Jika fokus dan memperhatikan dengan baik, maka secara tidak sadar, informasi atau pengetahuan yang diterima akan masuk kedalam ingatanmu. Just try it! ^^

Truss.. Adakah strategi yang dapat kita lakukan sebelum kejenuhan itu datang?? Tentu saja ada dong.
Mau tahu?
Yuk mari lirik tulisan saya yang berikutnya ^^

SEMANGAT! Ganbatte!

No comments:

Post a Comment


日本に行きましょう! [Let's go to Japan!] ^^